Christiano Ronaldo dinobatkan sebagai pesepakbola paling menjual di jagat raya. Ini merupakan hasil hitungan lembaga riset olahraga Repucom yang dirilis Rabu (28/5).
Lionel Messi menduduki posisi kedua dalam daftar 10 pesepakbola paling menjual ini. Sedangkan Gerard Piqué menduduki posisi ketiga.
Repucom melakukan riset perangkat DBI Celebrity yang menilai persepsi atas 6.500 orang di 13 pasar internasional. Risetnya diklaim mewakili 1,5 juta orang.
Dari riset tersebut, sebesar 83,9% responden tahu Ronaldo, bintang sepakbola asal Portugal. Malah, di Italia, Spanyol, Jerman, Turki, dan Argentina, responden yang mengenal Ronaldo lebih dari 95%.
Ronaldo yang merebut FIFA Ballon d'Or di tahun 2014, tak hanya dikenal masyarakat tapi juga dianggap menjadi patokan tren pesepakbola masa kini.
Pesepakbola yang sering mencuri perhatian publik meski di luar lapangan ini juga dianggap mengelola jejaring sosialnya dengan baik, dan mendapatkan jempol Facebook atau pengikut followers yang lebih banyak dibanding bintang sepakbola lainnya.
Bagi pebisnis yang menjual barang dengan endorser, Ronaldo adalah pengiklan impian. "Ronaldo adalah endorser impian. Nilai Ronaldo penting bagi tim di mana dia bermain dan korporasi yang menggandeng dia. Tingginya kesadaran masyarakat akan Ronaldo mendorong kekuatan komersil pada dirinya," kata Paul Smith, Pendiri dan CEO Repucom, dalam rilisnya. Salah satu korporasi yang memanfaatkan ketenaran Ronaldo adalah Nike.
Lionel Messi menduduki posisi kedua dalam daftar 10 pesepakbola paling menjual ini. Sedangkan Gerard Piqué menduduki posisi ketiga.
Repucom melakukan riset perangkat DBI Celebrity yang menilai persepsi atas 6.500 orang di 13 pasar internasional. Risetnya diklaim mewakili 1,5 juta orang.
Dari riset tersebut, sebesar 83,9% responden tahu Ronaldo, bintang sepakbola asal Portugal. Malah, di Italia, Spanyol, Jerman, Turki, dan Argentina, responden yang mengenal Ronaldo lebih dari 95%.
Ronaldo yang merebut FIFA Ballon d'Or di tahun 2014, tak hanya dikenal masyarakat tapi juga dianggap menjadi patokan tren pesepakbola masa kini.
Pesepakbola yang sering mencuri perhatian publik meski di luar lapangan ini juga dianggap mengelola jejaring sosialnya dengan baik, dan mendapatkan jempol Facebook atau pengikut followers yang lebih banyak dibanding bintang sepakbola lainnya.
Bagi pebisnis yang menjual barang dengan endorser, Ronaldo adalah pengiklan impian. "Ronaldo adalah endorser impian. Nilai Ronaldo penting bagi tim di mana dia bermain dan korporasi yang menggandeng dia. Tingginya kesadaran masyarakat akan Ronaldo mendorong kekuatan komersil pada dirinya," kata Paul Smith, Pendiri dan CEO Repucom, dalam rilisnya. Salah satu korporasi yang memanfaatkan ketenaran Ronaldo adalah Nike.
Sedangkan Messi mempertahankan imej pesepakbola terbaik lantaran sukses memenangkan empat Ballon d'Or FIFA dan mengumpulkan pendapatan hingga US$ 27,5 juta per tahun. Salah satu korporasi yang menggandeng Messi sebagai endorser adalah Adidas.
Menurut Repucom, niat korporasi menggaet pesepakbola sebagai endorser semakin gila-gilaan menjelang Piala Dunia yang berlangsung pertengahan Juni nanti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar