Senin, 26 September 2011

Peran AYAH

Roland Warren, Presiden National Fatherhood Initiative, grup advokasi nirlaba Amerika, mengingatkan betapa kehadiran ayah berperan penting terhadap pembentukan sikap dan karakter anak, terutama anak laki-laki. Apa yang dia pelajari dari ayahnya, akan dia terapkan dalam kehidupannya.

"Ibu memang punya porsi yang cukup besar dalam membantu anak laki-lakinya tumbuh jadi pria sejati, tapi perlu diingat bila ayah yang akan mempengaruhi dan jadi contoh bagi anak laki-lakinya untuk membentuknya sebagai pria," katanya.

Atas dasar itu, sebaiknya ajaklah pasangan untuk intens mendampingi anak. Ayah yang menyempatkan waktu bersama anak laki-lakinya akan memberi kesan yang mendalam bagi si anak. Dia akan menilai sang ayah begitu mencintai, suka akan aktivitasnya, dan selalu ada untuknya.

Dan, yang tak kalah penting adalah tindakan ayah dalam memperlakukan perempuan sangat ditirunya. Alhasil, beri masukan pada pasangan bila dirinya adalah contoh bagi anak laki-lakinya dalam interaksi dengan perempuan.

"Si anak akan melihat bagaimana ayahnya berinteraksi dengan perempuan, khususnya ibunya. Bila ayah memperlihatkan sisi penghargaan pada sang ibu, maka anak akan belajar bagaimana memberi penghargaan pada wanita," kata Warren.

Terakhir, berilah waktu kepada pasangan untuk bermain kontak fisik dengan anak laki-lakinya. Dia akan belajar cara mengontrol reaksi fisik dan mengatur emosi. Di samping itu, perlu juga memberikan sentuhan pelukan dan ciuman pada sang anak sebagai ekspresi rasa sayang.

Berilah yang TERBAIK untuk anakmu JANGAN BEBANKAN semua tanggung jawab pada seorg wanita krn kau juga punya andil dalam setiap kehidupan seorg anak...

Sent from my HinoBerry®
powered by HINO GENUINE PART

Tidak ada komentar: