Rabu, 10 Juli 2013

Perjalanan Sukses Alex Ferguson


Lahir pada 31 Desember 1941 di Glasgow, Skotlandia. Ia membawa MU meraih dua kali juara Liga Champions, 13 gelar Liga Inggris (Premier League) dan lima Piala FA.

Prestasi puncaknya dicapai pada 1999 ketika United menjadi juara Liga Champions, Liga Inggris dan Piala FA.

Ia juga dianugerahi gelar kebangsawanan atas jasanya bagi kemajuan sepak bola Inggris di tahun yang sama. Sebelum bergabung bersama dengan United, ia memimpin Aberdeen menyabet tiga gelar Liga Skotlandia dan satu piala Winners, memutus dominasi dari raksasa-raksasa sepak bola Skotlandia, Rangers dan Celltic.

Ia tampil bermain di Skotlandia bersama Queens Park, St Johnstone, Dunfermline, Rangers, Falkirk dan Ayr United.

Meniti karier sebagai manajer di Skotlandia di East Stirlingshire, St Mirren dan Aberdeen. Ia juga ditunjuk sebagai manajer sementara timnas Skotlandia di Piala Dunia 1986 sebelum bergabung ke United.

Ferguson merapat ke old Trafford sejak 6 November 1986, setelah Ron Atkinson dipecat. Ia memimpin mereka lolos dari zona degradasi. Kalau saja United tidak memenangi Piala FA pada 1990, ia dipecat.

Pada 2002, ia mengumumkan niat untuk mengundurkan diri sebagai manajer United, meski ia akhirnya berubah pikiran.

Pada Desember 2010, ia melewati rekor Sir Matt Busby yang telah 24 tahun menjadi manajer terlama dalam sejarah United. Ia mengakhiri musim kompetisi dengan mempersembahkan kenangan manis dengan memberi gelar Liga Inggris.

Ferguson menyukai balapan kuda. Ia menikah dengan Cathy Holding pada 1966, dan punya tiga putra, yakni Mark, Darren dan Jason.      

Tidak ada komentar: