Jumat, 30 Mei 2014

Miliarder baru perempuan yang cerdas; Meg Whitman

Meg Whitman berhasil mencatatkan namanya dalam jajaran miliarder pendatang baru pada tahun ini. Whitman merupakan satu dari 42 miliarder perempuan yang bergabung dalam daftar miliarder tahun 2014. Majalah Forbes mencatat, total miliarder pendatang baru pada tahun ini sebanyak 268 orang.

Per Maret 2014, Forbes melaporkan kekayaan bersih Whitman mencapai US$ 2 miliar. Whitman boleh bangga masuk deretan orang terkaya di dunia lantaran berhasil memupuk kekayaan dari usaha sendiri. Sebab, sebagian besar miliarder perempuan justru mendulang kekayaan lantaran mendapatkan warisan dari orangtua maupun suami.

Whitman mampu membuktikan, wanita bisa meraih mimpi dengan mengandalkan kerja keras dan kecerdasan. Sejak tahun 2011, Whitman menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Hewlett-Packard (HP). Ketika awal bergabung dengan HP, kabarnya dia hanya menerima gaji US$ 1. Kini, gaji Whitman meningkat menjadi US$ 1,5 juta per tahun.

Whitman berupaya membangun kembali reputasi HP. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan teknologi ini menciptakan satu proyek bernama Moonshot System, yaitu server ditempatkan 80% lebih kecil dari rata-rata produk lain. Alhasil, sistem ini membuat produk HP menjadi jauh lebih hemat energi.

Wanita yang lahir pada 4 Agustus 1956 di New York  ini merupakan sosok yang penuh percaya diri dan cerdas. Dia lulus perguruan tinggi hanya dalam waktu tiga tahun. Whitman kemudian masuk Princeton University dan meraih gelar sarjana di bidang ekonomi. Dia kemudian mengambil program MBA di Harvard Business School dan lulus pada tahun 1979.

Dari Harvard, Whitman hijrah ke Cincinnati untuk bekerja sebagai manajer di Procter & Gamble(P&G). Setelah dua tahun, dia pindah bersama suami barunya, Griff Harsh, seorang ahli bedah saraf, ke San Francisco. Di sana, Whitman bekerja di Bain & Company, perusahaan konsultasi bisnis. Dari sini, Whitman terus menimba pengalaman dengan keluar masuk perusahaan, bahkan ke perusahaan besar seperti Walt Disney, Stride Rite, Florists' Transworld Delivery (FTD) dan Hasbro. Pada 1998 , Whitman memutuskan bekerja di Silicon Valley sebagai CEO eBay.

Dia berhasil membawa eBay menjadi raksasa lelang online. Di tahun pertamanya memimpin, dengan dukungan 30 karyawan, eBay meraup pendapatan US$ 4 juta. Tangan dingin Whitman terbukti ampuh. Sepuluh tahun kemudian, yakni pada 2008, saat Whitman mengundurkan diri sebagai CEO, penjualan eBay sudah mencapai US$ 7,7 miliar.

Whitman memimpin perusahaan lelang online tersebut selama 10 tahun. Dus, sumbangan terbesar kekayaannya berasal dari kepemilikan saham di eBay.

Setelah mengundurkan diri sebagai CEO eBay, pada tahun 2009 Whitman masuk ranah politik dengan bergabung ke Partai Republik. Dia mencalonkan diri sebagai gubernur California.

Dalam krisis ekonomi dan defisit yang menganga, Whitman percaya California akan bangkit dan mendapat manfaat dari latarbelakang bisnisnya. Namun menjelang pemilihan gubernur, Whitman menghadapi kejutan politik.

Salah satu insiden yang merusak citra politiknya adalah kasus dengan mantan pengurus rumah tangganya. Setelah sembilan tahun bekerja, si pembantu mengatakan dia dipecat setelah mengungkapkan kepada Whitman bahwa dia adalah seorang imigran ilegal.

Whitman pun gagal. Setelah kehilangan karier politiknya, Whitman kembali ke dunia bisnis. September 2011, dia memimpin HP, raksasa komputer dunia. (Bersambung)


Tidak ada komentar: