Jumat, 16 Mei 2014

Museum Memorial 11/9 di New York


Presiden Amerika Serikat Barack Obama meresmikan museum memorial 11/9 yang memang telah lama ditunggu-tunggu. Peresmian museum yang terletak di New York tersebut dihadiri oleh keluarga korban hingga tim penyelamat tragedi 11 September 2001.

Museum tersebut disebut sebagai tempat penyembuhan dan juga harapan. Serta membuat mereka yang belum lahir saat tragedi itu terjadi tidak akan pernah lupa bahwa 11/9 adalah serangan teroris terburuk sepanjang sejarah Ameriksa Serikat. 

"Suatu kehormatan bagi kami bergabung dalam memori Anda, untuk mengingat dan mencerminkan, dan untuk menegaskan kembali semangat dari 9/11 yaitu cinta, kasih sayang, pengorbanan. Serta untuk mengabadikan peristiwa ini selamanya di hati bangsa kita," kata Obama.

Sebelum berpidato, Obama ditemani istrinya dan mantan Presiden Bill Clinton serta mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton berkeliling melihat museum. Menurutnya mobil pemadam kebakaran yang hancur dan foto-foto para korban seolah bergerak dan memberikan kesan mendalam. 

Museum ini mulai dibuka untuk umum 21 Mei mendatang. Obama menyatakan usaha untuk membangun museum ini merupakan salah satu bukti jika Amerika tidak takut dan siap melawan segala bentuk teror.

"Tidak ada yang bisa menghancurkan kita. Tidak ada yang bisa mengubah siapa diri kita sebagai orang Amerika," tutur Obama.


Tidak ada komentar: