Rabu, 18 Juni 2014

Mau kaya? Jangan menabung tapi INVESTASI !

Banyak orang bekerja keras untuk mendapatkan uang. Tapi setelah mendapatkan  uang, dialokasikan untuk kebutuhan bulanan, dan sisanya ditabung. Kebiasaan tersebut  tidak kunjung membuatnya kaya.
 
Uang yang ditabung adalah uang tidur. Padahal uang tidak boleh tidur. Manusia perlu tidur, tapi uang jangan tidur agar bisa menghasilkan uang lagi. Tetapi menabung dapat dilakukan untuk mengumpulkan modal dalam rangka "menghasilkan uang", atau dalam rangka mempunyai sumber pendapatan kedua.
 
Jangan sampai untuk menjadi kaya, kita jungkir balik, dari pagi sampai pagi lagi, sampai mengabaikan keseimbangan hiudp. Semestinya, uanglah yang bekerja untuk kita. Kita harus sadar, kalau mau maju, maka uang harus bekerja. Mindset ini akan mendorong kita untuk tekun mengumpulkan modal.
Ada 4 rumus dalam mengelola keuangan:
1.Penghasilan bulanan dipotong pengeluaran bulanan, hasilnya nol.
2.Penghasilan bulanan dipotong pengeluaran, hasilnya negatif (utang).
3.Penghasilan dipotong pengeluaran, masih ada sisa, lalu ditabung.
4.Penghasilan bulanan langsung dipotong 10% dan ditabung terpisah, sisanya yang 90% untuk kebutuhan.
 
Kebanyakan orang menerapkan rumus yang ketiga. Hasilnya keinginan untuk menjadi kaya, tidak kunjung tercapai. Karena untuk bisa melakukan rumus ketiga, diperlukan kepastian akan adanya sisa dari pendapatan, serta diperlukan disiplin untuk tidak konsumtif (menggunakan sisa).
 
Sebaiknya yang digunakan adalah rumus yang keempat. 10% yang disisihkan secara terpisah itu bisa dijadikan modal untuk berinvestasi, agar uang tidak tidur. Sebaiknya, jangan gunakan dana yang terkumpul untuk buka usaha, tapi gunakanlah  untuk investasi yang mudah seperti reksadana. Untuk itu banyaklah belajar tentang investasi. 

Tidak ada komentar: