Sabtu, 01 November 2014

10 orang terkaya di China

Jack Ma kini resmi menjadi orang paling tajir di China setelah  perusahaannya menawarkan saham perdana di dunia. Laporan Hurun Report mengatakan, pendiri Alibaba ini menjadi orang paling kaya di China dengan nilai kekayaan mencapai US$ 25 miliar.

Padahal, tahun lalu, Ma bahkan tidak masuk dalam 10 besar orang kaya di China. Namun, setelah melepas saham Alibaba di New York Stock Exchange, kekayaannya menggelembung mencapai US$ 25 miliar. Ini karena pada perdagangan perdana saham Alibaba melonjak sebesar 38%. 

Ma mengalahkan kekayaan Wang Jialin, salah seorang taipan properti terbesar di China. Menurut Hurun, nilai kekayaan Wang mencapai US$ 24,2 miliar. 

Di tempat ketiga ada Li Hejun yang memiliki perusahaan energi bernama Hanergy.  Nilai kekayaan Le ini setara dengan orang kaya keempat di China yakni Zong Qinghou, pendiri dan CEO perusahaan minuman.  Di tempat kelima ada CEO Tencent yakni Pony Ma.

Hurun Report Chairman dan Chief Researcher Rupert Hoogewerf mengatakan, Jack Ma merupakan orang kesebelas yang menduduki posisi pertama orang terkaya di dunia selama 16 tahun. Menurutnya, perubahan daftar orang terkaya China ini menunjukan perekonomian yang dinamis. "Sepuluh tahun lalu cuma ada tiga triliuner , sekarang ada 354 orang," katanya. 

Berikut 10 orang kaya China menurut Hurun:
1. Jack Ma Yun, nilai kekayaan US$ 25 miliar
2. Wang Jialin nilai kekayaan US$ 24,2 miliar
3. Li Hejun, nilai kekayaan US$ 20,8 miliar
4. Zong Qinghou, nilai kekayaan US$ 20,8 miliar
5. Pony Ma Huateng, nilai kekayaan US$ 18,1 miliar
6. Robin Li, nilai kekayaan US$ 17,5 miliar
7. Yan Jiehe dan Yan Hao, nilai kekayaan US$ 14,2 miliar
8. Yang Bin, nilai kekayaan US$ 10 miliar
9. Richard Liu, nilai kekayaan US$ 8,8 miliar
10. Lei Jun, nilai kekayaan US$ 7,5 miliar


Tidak ada komentar: