Selasa, 05 Mei 2015

JANGAN BERHENTI ... "BERKREASI & BERINOVASI"



Sebuah restoran cepat saji yg mulai ditinggalkan oleh generasi muda, memutuskan utk menjual kepingan CD musik di seluruh gerainya. Walhasil KFC di Indonesia sukses menjual jutaan keping CD musik, dan generasi muda jadi rajin nongkrong di gerai2nya, shg ayam goreng merekapun laris manis. Label dan Penyanyi papan atas spt Agnes Monica jg mempercayakan distribusi lagu mrk ke KFC. Dan ironisnya jaringan toko CD musik justru malah tutup terjungkal krn penjualan yg terus menurun.

Ketika penjualan mobil lesu, Porsche melakukan bisnis jasa penyewaan desainer dan insinyur2 teknik yg mrk miliki ke perusahaan otomotif lainnya. Dan bisnis Porsche pun bertumbuh.

Ketika cafe2 bukan sekedar menjual kopi dan kue, tetapi berfokus menjual pengalaman kpd pelanggan, dan berusaha membuat pelanggan betah duduk, ngobrol dan bekerja dgn komputer jinjing mereka, maka cafe pun bertumbuh.

Di Amerika pernah ada perusahaan kereta api yg bisnis pengiriman barang nya mendapat saingan berat dr perusahaan truk pengangkutan. Setelah berpikir keras, akhirnya pimpinan perusahaan kereta api memutuskan bukan memusuhi dan bersaing dgn perusahaan truk. Tapi justru membuat perusahaan2 truk ini menjadi pelanggan

Dimana perusahaan truk cukup mengangkat barang2 ke terminal kereta yg ditunjuk, sedangkan kereta akan membawa barang2 utk jarak jauh dgn lbh cepat dan hemat. Truk2 tinggal melanjutkan lagi pengiriman dr terminal2 kota tujuan ke pintu2 pelanggannya.

Beberapa contoh bhw kita hrs terus berkreasi dan berinovasi krn tuntutan pasar yg terus berubah. Jadi kalo kita tidak berubah pasti akan tergerus arus pasar yg semakin demanding



Tidak ada komentar: