Selasa, 21 September 2010

Assange: Robin Hood Dunia Maya


Dunia digemparkan lagi dgn dokumen yg dikeluarkan WIKILEAKS. Situs itu melansir lebih dr 90 ribu berkas ttg perang Afganistan, yg terdiri atas data intelejen dan catatan harian pr serdadu.

Ini adl seri ketiga Wikileaks memblejeti skandal perang AS. Sebelumnya, dokumen serangan udara di Bagdad pd Juli 2007 yg menewaskan puluhan warga sipil, termasuk dua wartawan Reuters, dilansir melalui medium video di situs ini pd 15 April lalu. Kemudian hasil sadapan percakapan polisi dg Pentagon saat peristiwa 11 September, ttg bgm mengantisipasi dan penanganan saat pesawat dibajak dan serta mengarah ke Pentagon dan WTC. Menurut Wikileaks, itu adl sadapan dr lembaga keamanan nasional Amerika,NSA. Tak cuma itu, situs ini jg membuka skandal minyak Peru, dan peengiriman bhn beracun dgn cr dumping ke Afrika.

Pemilik situs ini, Julian Assange, kini dikejar-kejar aparat, terutama dr Amerika. Tp buat publik dunia, Assange adl "ROBIN HOOD PARA HACKER" krn mencuri dokumen rahasia dr berbagai sumber dan melansirnya ke publik secara gratis.

Utk dokumen perang Afganistan , situs ini membagi delapan dokumen yg bs diunduh kapan saja. "Masih ada ratusan dokumen pd kami, yg siap kami lansir pd saatnya," ujar Assange.

Situs ini dibredel di beberapa negara; Australia,China dan Arab Saudi. Polisi Jerman pernah menuyerbu lokasi induk provider cabang situs ini disana. Tetapi kekuatan dunia maya, yg bagaikan bayangan, menembus batas negara dan membuat Wikileaks susah diberangus.

Kini dgn dibukanya dokumen perang Afganistan, latar belakang Assange makin digali. Tapi dia selalu menghindari penyebutan umur, tempat lahir, dan latar belakang pribadinya, kecuali bahwa dia seorang ahli matematika dan fisika dan warga Australia yg tadinya tinggal di Amerika. Sekarang dia selalu berpindah tempat. Dia selalu berkeliling dunia, dan tak pernah ada alamatnya.

Dalam keterangan persnya di London setelah membocorkan dokumen perang Afganistan, dia membawa ransel berisi pakaian dan menjinjing laptop. Tapi beberapa media kenudian menhetahui bahwa dia lahir di Townsville, Australia, pd Juli 1971. Sejak kecil, dia selalu bepergian dgn ibunya, dan pendidikannya di tempuh dgn homeschooling.

Pd usia 16 th, Assange memulai kegiatan hacking-nya. Nama samarannya MENDAX. Pd 1991 di usia 20 th, dia menjaili perusahaan telepon Kanada. Dia di tangkap dg 25 tuduhan.

Semangatnya melawan kejahatan perang mulai muncul saat di kampus. Dia keluar dr studinya di dua jurusan, Matematika dan Fisika di Universitas Melbourne, setelah tahu bahwa program studinya itu dipakai oleh para kontraktor senjata.

Pd 2006, Assange membuat Wikileaks dgn basis di Swedia, dgn prinsip melawan kejahatan perang dan kecurangan ekonomi. Di Swedia, servernya dilindungi UU yg ramah kpd para "peniup pluit".

Dari tempat pelariannya, dia mengatakan kpd Der Spiegel, "Saya senang menghancurkan para begundal" adl pemerintah yg tak bertanggung jawab.


Sent from my HinoBerry®
powered by HINO GENUINE PART

Tidak ada komentar: