Selasa, 26 Oktober 2010

Colin Furze: Ciptakan Motor Skuter Tercepat di Dunia



Colin Furze membuat gebrakan.Dia memodifikasi model motor skuter listrik biasa menjadi skuter berbahan bakar bensin,yang dapat mencapai kecepatan lebih dari 69 mil (111 km) per jam.

KEBERHASILAN ini menjadikan Furze pencipta motor skuter tercepat di dunia. Awalnya keinginan Furze menciptakan skuter tercepat itu hanya untuk lelucon.Ternyata skuter modifikasinya memiliki kecepatan luar biasa. “Anda mendengar orang-orang mengeluh tentang motor skuter yang lambat geraknya di berbagai supermarket dan gang jalan, karena itu saya pikir akan menjadi lelucon untuk menciptakan skuter yang sangat cepat,” ujar Furze, 31, seorang tukang pipa dari Stamford, Lincolnshire,Inggris.

Guinness World Records sebenarnya telah mencatat nama Furze sebagai pencipta skuter tercepat di dunia jika mampu mencapai kecepatan 100 kilometer per jam atau 61,4 mil per jam. Tentu saja target yang ditetapkan Guinness World Records akan mudah dilalui oleh Furze. Pekan ini Furze bersiap di Santa Pod Raceway, Northamptonshire, untuk menorehkan namanya dalam buku rekor dunia.

“Target saya mencapai 70 mil per jam,”tuturnya. Furze memang sosok yang cermat dan terampil dalam mengutakatik mesin. Dia mendapatkan skuter itu dengan membelinya dari teman. Furze kemudian memperbaiki dan memodifikasinya. Dia pun memasang mesin berkekuatan 125 cc dari sebuah sepeda motor.“Saya dijelaskan oleh Guinness bahwa saya dapat memodifikasi mesin, tapi saya tidak diizinkan mengubah penampilan skuter itu dalam bentuk apa pun, sehingga saya tidak dapat memperbesar roda atau menjadikannya lebih stabil,”tutur Furze.

Furze awalnya mencoba bereksperimen dengan mesin bertenaga baterai, tapi kecepatan yang diperolehnya hanyalah 30 mil per jam. Perjuangan Furze untuk menguji coba dan memodifikasi skuter itu melalui berbagai rintangan. “Saya tidak pernah mengalami kecelakaan, tapi roda skuter itu terlepas saat saya memperlambat kecepatannya. Saya beberapa kali menyerempet pagar,”tuturnya. Furze membongkar mesin sepeda motornya dan meletakkan di skuter tersebut.

Dia memerlukan waktu satu pekan untuk memodifikasi rangka bodi skuter. Furze sedikit khawatir saat pertama kali mencoba skuter itu. “Saya khawatir skuter itu dapat mengancam nyawa saat dikendarai, ternyata tidak terlalu buruk saat Anda mulai mengendarainya. Ini membuat orang-orang terkejut karena ini benar-benar nyata.Tapi yang jelas, suaranya memang memekakkan telinga,”ujar Furze.

Untuk menjaga keamanannya saat memecahkan rekor kecepatan skuter ciptaannya, Furze akan mengenakan pakaian kulit yang menutupi seluruh tubuh dan sebuah helm yang sangat kuat. Furze menjelaskan, skuter ciptaannya memiliki 2 knalpot, 5 gigi,dan mesin motor 125 cc.Skuter bagi warga Inggris sudah sangat populer.Umumnya,skuter digunakan oleh orang-orang berusia lanjut untuk berkeliling kompleks perumahan atau blok-blok jalan. Karena itu skuter biasanya tidak terlalu cepat lajunya.

Sejak kecil, Furze memang memiliki kegemaran mengutakatik mesin.Keluarganya yang dari kalangan menengah ke bawah, membuatnya tidak berkeinginan melanjutkan ke pendidikan tinggi. Dia pun memutuskan untuk bekerja sebagai tukang pipa. Di sela-sela pekerjaannya sebagai tukang pipa dia masih menyempatkan waktu untuk mengutak-atik mesin sepeda motor miliknya.

Hingga akhirnya dia memiliki ide untuk menciptakan skuter tercepat di dunia. Ide itu muncul secara tidak disengaja. Tibalah saat seorang temannya hendak menjual skuter karena butuh uang. Furze lantas membeli alat transportasi itu. Setelah mengutak-atik skuter tersebut, Furze tidak puas dengan kecepatannya. Ide baru pun datang, untuk memindahkan mesin sepeda motornya ke skuter. Ide itu dilaksanakan dan kini Furze memiliki skuter tercepat di dunia.

Tidak ada komentar: