Rabu, 12 Juni 2013

Anglea Ahrendts, gaji tertinggi di Inggris

 Presiden Direktur (CEO) dari perusahaan fesyen Burberry yakni Anglea Ahrendts menjadi Presiden Direktur perusahaan dengan gaji paling tinggi di Inggris. Tahun lalu, gaji yang didapat Angela mencapai 16,9 juta poundsterling (US$ 26,3 juta) atau sekitar Rp 250 miliar.

Wanita kelahiran Amerika Serikat (AS) ini memiliki gaji lebih tinggi 5 juta poundsterling dari Presiden Direktur bergaji kedua terbesar di Inggris yakni Angus Russell yang memimpin perusahaan farmasi raksasa bernama Shire.

Gaji Angela terungkap dalam laporan keuangan Burberry. Ini pertama kalinya di Inggris sejak 15 tahun, Presiden Direktur perusahaan dengan gaji terbesar diduduki oleh seorang wanita. Hanya 3 orang wanita yang menduduki jabatan Prsiden Direktur perusahaan-perusahaan top di Inggris.

Angle yang menjabat Presiden Direktur sejak Juli 2006 lalu, dinilai berhasil menjadikan Burberry sebagai produk fesyen mewah dan menembus wilayah Asia dengan sukses.

"Angela juga agresif melakukan ekspansi di sektor ritel yang dilakukan untuk mengangkat merek Burberry, termasuk meningkatkan harga dan derajat produk ini," kata Analis dari Morningstar Paul Sinand dikutip dari CNN, Rabu (12/6/2013).

Saham Burberry telah naik 3 kali lipat sejak Angle menjadi Presiden Direktur, dan kapitalisasi pasar merek ini mendekati US$ 10 miliar. Namun gaji Angle masih jauh jika dibandingkan bos-bos perusahaan di AS. Contoh saja Presiden Direktur Oracle Larry Ellison yang gajinya mencapai US$ 96,2 juta tahun lalu.

Gaji yang didapat Angle ini sudah termasuk gaji pokok, tunjangan, dan bonus-bonus tahun lalu.

Tidak ada komentar: