Kamis, 04 Desember 2008

SUKSES itu SEDERHANA

Marshall Field, salah seorang pebisnis paling sukses di dunia, membeberkan rahasia suksesnya yang kemudian disebut sebagai “10 Petunjuk Sukses Marshall Field”.
1. Nilai WAKTU, jangan membuang-buangnya
2. Nilai KEGIGIHAN, jangan menyerah
3. Kenikmatan KERJA KERAS, jangan malas
4. Martabat KESEDERHANAAN, jangan memperumit
5. Harga WATAK, jangan curang
6. Kekuatan BUDI BAIK, jangan masa bodoh.
7. Panggilan TUGAS, jangan menghindari tanggung jawab
8. Kebijaksanaan EKONOMI, jangan boros
9. Kebajikan KESABARAN, jangan mudah kesal
10. Peningkatan KEAHLIAN, jangan berhenti berlatih

Saya tertarik dengan 10 petunjuk Sukses Marshall Field ini. Salah satu alasannya adalah petunjuk-petunjuk tersebut sangat praktis, jauh dari kesan teoritis, sederhana, mudah dipahami dan sama sekali tidak rumit. Dari hal itu juga bisa disimpulkan bahwa sebenarnya kesuksesan itu bukan hal yang rumit, melainkan bisa dicapai dengan sederhana. Bukankah tidak membuang-buang waktu adalah hal sederhana dan setiap orang bisa melakukannya? Bukankah anti kemalasan, jujur, bertanggung jawab, tidak boros, sbar, dst, adalah hal-hal yang telah kita pahami sebelumnya?

Jika cara untuk meraih sukses itu simple, sederhana dan mudah, artinya kesuksesan itu sendiri adalah hal yang simple, sederhana dan mudah juga. Jika kita punya komitmen untuk melakukan ‘hal-hal sederhana” tersebut, kita pasti sukses! Itu sebabnya jika selama ini kita menggambarkan kesuksesan sebagai sesuatu yang rumit dan susah untuk dicapai, kita harus mengubah cara pandang tersebut. Anda boleh percaya atau tidak tentang kesederhaaan ini, namun saya pribadi menganggap bahwa sukses itu tidak rumit.

JANGAN BUAT SUKSES YANG SEDERHANA INI MENJADI RUMIT OLEH KARENA CARA PANDANG KITA YANG NEGATIF

Tidak ada komentar: