Minggu, 21 November 2010

Khan Shatyr : Tenda Terbesar di dunia

Khan Shatyr adl tenda terbesar di dunia yg terletak di Astana, Kazakhstan, baru saja selesai pembangunannyav pd musim panas lalu. Proses pembangunannya memakan waktu 4th. Atapnya yg berbentuk kerucut memiliki tinggi 150 meter dgn radius 200 meter. Bangunan masif ini melingkupi sekitar 100.000 meter persegi ruangan yg dirancang utk penyelenggaraan acara-acara kebudayaan,

"TENDA" raksasa ini terbuat dari 3 lapis plastik khusus tembus cahaya yg hemat energi dan bisa melindungi pengunjung dari cuaca yg ekstrem di wilayah itu, dimana temperatur udara bisa berubah dari minus 35 derajat celcius pd musim dingin menjadi 35 derjat celcius pd musim panas. Ratusan kabel penompang permukaan tenda diampu oleh tripod raksasa yg menjulang tinggi.

Di dalam tenda, ruangan yg terdiri dari beberapa lantai itu berisi pusat pertokoan, kompleks bioskop, restoran, pusat jajan, taman air dan taman publik. Bahkan, disini juga terdapat pantai lengkap dgn pasirnya shg pengunjungh bisa menikmati suasana musim panas sepanjang tahun. Tenda ini dirancang oleh arsitek Inggris, Lord Foster.

Kazakhtan yg bekas bagian Uni Soviet meraih kemerdekaannya th 1991. Rancangan modeen Khan Shatyr membantu simbolisasi transisi Kazakhtan dari budaya kuno menuju negara yg progresif dan kontemporer.

Arsitektur berkelas dunia itu merupakan salah satu tanda modernisasi di Astana, selain bandara internasional yg di rancang oleh Kisho Kurosawa dari Jepang dan gedung kesenian oleh Manfredi Nicoletti dari Italia.

Tidak ada komentar: