Selasa, 31 Desember 2013

Dulu penyiar radio, kini menjadi raja radio

Siapa sangka, seorang penyiar radio bisa masuk deretan orang terkaya dunia? Tapi itulah yang kini dibuktikan Allan Slaight, warga negara Kanada kelahiran tahun 1931. Menurut Majalah Forbes, per Maret 2013, Slaight berada di peringkat ke-25 orang paling kaya Kanada dan posisi 1.175 orang terkaya dunia.

Slaight kini dikenal sebagai pemilik Slaight Communications, perusahaan penyiaran radio asal Kanada. Slaight menguasai perusahaan tersebut sejak tahun 1971, setelah mengakuisisi CFGM di Richmond Hill. Slaight kemudian mengakuisisi CFOX di Montreal dan Chok di Sarnia. Selain itu, pria berusia 80 tahun ini meluncurkan CILQ di Toronto.

Perusahaan terakhir Slaight, menjual seluruh asetnya dan terus mengoperasikan perusahaan radio induk melalui divisi Standard Broadcasting setelah Slaight membeli perusahaan itu pada 1985. Standard merupakan perusahaan multimedia terbesar di Kanada, sebelum akhirnya menjual aset radio dan siaran TV ke Astral Media pada 2007.

Anak seorang jurnalis veteran ini memulai kariernya pada tahun 1948, sebagai reporter sekaligus penyiar CHAB, Mosse Jaw, Saskatchewan. Sepanjang perjalanan kariernya, Slaight beberapa kali menempati posisi strategis di perusahaan penyiaran. Pada tahun 1956, Slaight menempati jabatan baru sebagai General Sales Manager di CFRN dan CJCA, Edmonton. Sebelumnya, Slaight hanya menjabat sebagai direktur pemberitaan.

Setelah 10 tahun menggantungkan pengalaman di dunia penyiaran, Slaight mulai masuk ke top eksekutif perusahaan. Pada tahun 1958, bapak dua anak ini menjadi Direktur Program CHUM, sekaligus menjadi Wakil Presiden dan General Manager CHUM AM/FM.

Seiring perjalanan waktu, kemampuan berbisnis Slaight mulai muncul. Pada tahun 1970, Slaight bersama beberapa mitra investasinya membeli stasiun radio CFGM Toronto dan CFOX Montreal. Kemudian, dua perusahaan itu melakukan merger dengan IWC Communications Ltd pada tahun 1973. Inilah yang menjadi cikal bakal kehadiran Slaight Communications dan kelak membuat dia masuk dalam jajaran orang paling kaya di dunia. Di perusahaan tersebut, Slaight duduk sebagai komisaris dan presiden direktur.

Karakter bisnis Slaight semakin terasah. Dia semakin ekspansif dan mulai mengincar perusahaan-perusahaan lain. Pada tahun 1974, melalui IWC, Slaight menyelamatkan Global Television Network yang terancam bangkrut, sebelum akhirnya menjual seluruh kepemilikan Global Television pada tahun 1977. Di tahun yang sama, IWC meluncurkan CILQ-FM (Q107) di Toronto. Dua tahun kemudian, Slaight Communication mengakuisisi seluruh saham investor lain di IWC untuk menjadi pemilik tunggal CFGM-AM dan Q107.

Tahun demi tahun dilewati, hasrat bisnis Slaight semakin tak terbendung. Berdasarkan catatan www.broadcasting-history.ca, Slaight terus mengembangkan bisnis penyiaran dengan menggelar sejumlah akuisisi strategis, peningkatan kepemilikan saham, penjualan saham, hingga menjamah bisnis di luar penyiaran.

Beberapa nama perusahaan yang sempat menghiasi perjalanan bisnis Slaight antara lain Urban Outdoors Corporation, Standard Broadcasting Corporation, Canadian TV Property, Telemedia Corp dan Milestone Radio Inc.

Di luar bisnis, Slaight mendapat kehormatan menyandang Anggota Orde Kanada melalui persetujuan Ratu Elizabeth II pada 2001. Di tahun 2005, Slaight menerima penghargaan Walt Grealis Special Achievement Award. Penghargaan itu diterima atas kontribusinya terhadap pertumbuhan industri musik. 

Tidak ada komentar: