Selasa, 22 April 2014

HARI BUMI 2014

Setiap tanggal 22 April diperingati masyarakat dunia sebagai Hari Bumi. Sejak digulirkan pada 22 April 1970 oleh Gaylord Nelson, senator Amerika Serikat yang juga pengajar lingkungan hidup aksi ini terus mendapat dukungan luas. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap Bumi, planet tempat kita tinggal.

Tahun 2014 ini, Hari Bumi mengusung tema Green Cities atau Kota Hijau. Program ini bertujuan membantu kota-kota di seluruh dunia menjadi lebih ramah lingkungan dan mengurangi emisi karbon kota. Fokus program ini ada pada 3 faktor, yakni: bangunan, energi, dan transportasi.

Masalah Energi, untuk mewujudkan kota yang ramah lingkungan, dunia perlu mencari sumber energi terbaru dan efisien. Kita juga harus melakukan gerakan hemat energi setiap hari, mulai dari hal-hal kecil seperti mematikan lampu bila tidak dipakai.

Seluruh bangunan yang ada di dunia menyumbang sepertiga emisi gas rumah kaca dunia. Dengan bangunan ramah lingkungan bisa mengurangi emisi tersebut secara drastis. Lingkungan rumah pun sebaiknya ditanami pepohonan sehingga menjadi lebih teduh.

Untuk masalah transportasi, kita dapat turut berpartisipasi dengan menggunakan transportasi umum atau kendaraan yang lebih ramah lingkungan seperti sepeda untuk mengurangi emisi dan polusi.

Dalam rangka Hari Bumi, berbagai kota di seluruh penjuru dunia, termasuk sejumlah kota di Indonesia melakukan beragam aktivitas peduli lingkungan yang digerakkan oleh Earth Hour Indonesia, seperti menanam pohon, membersihkan sampah. dsb.

Sent from my HinoBerry®
powered by HINO GENUINE PART

Tidak ada komentar: