Selasa, 01 Juli 2014

Forbes: Brasil tim termahal





Bicara nilai atawa valuasi tim-tim dari negara-negara yang berlaga di Piala Dunia 2014, Brasil masuk katagori tim paling mahal sejagad raya. Dari hasil penilaian Forbes, valuasi tim Samba, kini bernilai tidak kurang dari US$ 718 juta.

Perhitungan Forbes, yang dilansir, mengacu pada beberapa kriteria. Misalnya, nilai transfer terakhir dari sang pemain, gaji pemain, usia pemain, statistik permainan, serta penampilan sepanjang Piala Dunia Brasil 2014. Forbesmendasarkan acuan valuasinya atas data yang diolah theScore dari situs transfermarkt.com dan valor.com.

Setelah Brasil, juara bertahan Spanyol menjadi tim dengan valuasi termahal kedua dengan nilai US$ 674 juta. Cuma ironisnya, Tim Matador tersebut harus angkat koper lebih awal setelah menelan dua kali kekalahan di fase penyisihan grup Piala Dunia 2014. Padahal, Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) sudah kadung menempatkan Spanyol sebagai tim yang difavoritkan menjuarai turnamen empat tahunan tersebut.

Anda mungkin masih ingat, tim Belanda yang menjadi mimpi buruk Spanyol dalam laga pertama grup, juga termasuk tim dengan valuasi termahal. Dalam catatan Forbes, skuad Oranje atau The Flying Dutchman memiliki valuasi senilai US$ 249 juta.

Menariknya lagi, tim Cile, yang turut menyingkirkan Spanyol di penyisihan grup, memiliki valuasi yang tak beda jauh dengan Belanda, yakni sekitar 200 juta.

Forbes juga mencatat, Grup D yang dihuni tim Uruguay, Kostarika, Inggris dan Italia mengumpulkan total valuasi senilai US$ 1,25 miliar. Rinciannya adalah sebagai berikut; Inggris menyumbang valuasi sebanyak US$ 493 juta, Italia US$ 449 juta, Uruguay US$ 261 juta dan Kostarika US$ 52 juta.

Nah dari sejumlah hitungan tersebut, Neymar da Silva Santor Junior menjadi ikon yang menyumbang valuasi tertinggi bagi Tim Samba, yakni US$ 88 juta. Pemain berusia 22 tahun itu, lanjut Forbes, memiliki nilai pasar transfer sejumlah US$ 82 miliar.

Namun di posisi teratas, masih ditempati pemain Argentina, Lionel Messi. Penyerang Tim Tango tersebut memiliki nilai pasar sebesar US$ 163 juta.


Tidak ada komentar: