Selasa, 13 Oktober 2020

Final Tennis Grand Slam Franch Open.

Di tengah Pandemi ini ada satu suguhan olah raga yang menarik tadi malam yaitu Final Grand Slam France Open, yaitu Antara Novac Djokovic VS Rafael Nadal. Meskipun kesannya tidak se glamour tahun tahun normal karena tidak diikuti semua pemain top dunia seperti Roger Federer, tapi ada beberapa catatan yg spektakular tersaji tadi malam.

Rafael Nadal vs Novak Djokovic bertarung habis-habisan di lapangan berdebu tanah liat di tengah kota Paris ini, melihat skor yang terjadi dimana Djokovic yang memegang servis pertama tapi langsung bisa dipatahkan Nadal, dan itu semua set pertama berlangsung begitu cepat. Posisi 6-0 untuk Nadal. Djokovic kaget dan kelihatan kikuk. Set kedua kesannya Djokovic mulai panas dan mencoba melakukan perlawanan thdp Nadal, tapi Nadal tadi malam betul betul siap, posisi penguasaan lapangan, bola lob dan backhand slice, grand strooke semua jalan, determinasi dilapangan, bola lob dan drop shot Djokovic bisa diantisipasinya dgn sempurna. waou, seolah Djokovic baru belajar Tenis kawan..... Set kedua 6-2 untuk Nadal. Memasuki set ketiga, Djokovic berusaha keras keluar dari tekanan, itu terlihat dari cara Dia melakukan bola bola crossing baik itu sisi kiri dan kanan lapangan, sayangnya bisa diantisipasi Nadal. Set ini cukup ketat bisa 5-5. Tapi ketika Servic Djokovic bisa dipatahkan Nadal jadi 5-6, dan Nadal servis. Djokovic sdh habis,  dan betul Set terakhir sangat mudah diambil Nadal shg set ketiga 7-5 untuk Nadal. Nadal seolah tidak percaya dgn semua hasil yang begitu mudah dia dapatkan tadi malam.  Dia senyum bahagia, tidak terlalu emosional seperti biasanya ketika menang langsung buang raket dan rebah di lapangan. Tapi hanya senyum puas duduk bersila serta mengacungkan dua jari sambil memandang pelatihnya di tribun kehormatan.


Siapakah Rafael Nadal ini?.
Sebagai penggemar tennis saya dan beberapa teman hapal bagaimana awal mula Nadal lahir di dunia tennis hampir 20 tahun lalu dengan segala keculunannya (paling heboh out fit celana kodok dan kaos you can see) dan kemudian disusul oleh Novak the Clown Djokovic yang juga phenomenal.

Tadi malam dua olahragawan tua ini menunjukkan kehebatannya. Tua? Iya tua. Untuk urusan tennis usia 34 dan 35 tahun merupakan "kakek2". Standard tenis usia 30 tahun sudah pensiun. Pete Sampras pensiun usia 30 tahun. Andre Agassi lumayan tua, baru pensiun usia 35 tahun. Bjon Borg bahkan pensiun usia 27 tahun!.

Nadal sdh 13 kali juara di Rolland Garros ini, ini memang lapangan special untuk Nadal, jagoan tanah liat. Banyak pemain yg pernah juara di sini tapi paling 3-5 kali. Sebutlah Roger Federer, Mats Wilander, Michael Chang, Andre Agasi, Ivan Lendl, Stefan Edberg, Marah Safin. Tapi tidak ada yang se fenomenal Nadal.

Teringat Juga akan bagian Putri mulai era Billy Jean King tahun 75 an, baru masuk era tahun 80 hanya ada dua pemain yg mendominasi yaitu Napratilova dan Chris Evert, lalu  era 90 an muncul Steffie Graff, disusul Monica Sales, lalu thn 2000 masukkah era Serena William sampai sekarang masih bertahan.

Dari era itu kita sudah disuguhkan permainan yang luar biasa hebat dan spektakular, heroik bahkan seolah tidak masuk akal, baik dari segi waktu bisa sampai 5 Jam bahkan pernah 6,5 jam antara Federer dan Nadal di Wimbledon.

Tapi suguhan tadi malam adalah sangat fenomenal untuk Nadal. Nadal dan Djokovic  bergantian pamer ilmu kedahsyatan yang hanya membuat anak muda pertenisan tergagap2 ketakutan dan berpikir "how could they do that?". Agility, akurasi, persistensi, mental strengthness menjadi harmoni dalam pertunjukan tennis kelas dunia. Namun Nadal menunjukkan who is the clay king dengan menang straight set 3-0. RF nengangkat piala French Open untuk yang ke-13. Sebuah record grand slam (French Open) yang mungkin hanya dia yg bisa memecahkannya sepanjang  masa. 

Kemenangan tadi malam membuat record grandslam Rafa menjadi 20. Angka sakral yg sama dengan sahabat baik dan lawan terberat sepanjang masa: Roger Federer. GS terbanyak sepanjang masa. ND 17 di belakang mereka dan Pete Sampras pemegang rekor sebelumnya sdh tertinggal jauh dengan 14 Grand Slam.

Pertarungan Federer vs Nadal (bisa disingkat Fedal) dianggap pertarungan dan persaingan terbesar di sejarah tennis dunia. Mewarnai dunia pertenisan sejak 20 tahun lalu sampai sekarang. Mereka saling bersaing dan mendorong satu sama lain menjadi makin baik. Alhasil total masing2 memiliki 20 GS, ditambah Djokovic 18 GS. Dominasi tiga besar yg membuat 4 generasi tenis (1 generasi 5 tahun) hanya mendapatkan remah-remahnya.

Dan yang terlebih luarbiasa, persaingan terhebat sepanjang masa tidak hanya menghasilkan super domination di dunia tennis namun juga persahabatan dan respect yang tulus antara RF dan RN.

Bidang lain termasuk politik sering mengambil contoh dunia olahraga. Ilmu COACHING dan AGILITY salah dua yang lagi populer di dunia bisnis. Namun nilai terbesar yang dapat diambil dari olah raga adalah SPORTMENSHIP.

Apakah dunia politik dan bisnis mampu memgambil mutiara paling berharga di dunia olahraga? ya...tentu saja bisa..?.

Belajar dari persiapan mereka untuk tetap bertahan di bidangnya adalah FOKUS , TOTALITAS, sehingga HASILnya luar biasa.


Tidak ada komentar: