Sabtu, 03 Oktober 2020

Jadi Orang Terkaya di Asia: Mukesh Ambani

Siapa orang terkaya di Asia? Jawabannya bukan pendiri Alibaba Jack Ma atau bos Tencent Ma Huateng. Orang terkaya di Asia adalah Mukesh Ambani, pria berusia 63 tahun dan pemimpin dari grup konglomerasi bisnis di India, Reliance Industries, yang dibangun oleh ayahnya, Dhirubhai Ambani.

Mendiang Ambani adalah taipan bisnis India yang membangun Reliance di Bombay bersama sepupunya pada tahun 1977. Ia juga termasuk satu dari 50 pebisnis terbaik di Asia versi The Sunday Times.

Forbes mencatat pada 2007, total kekayaan keluarga Ambani mencapai US$ 60 miliar Rp 840 triliun (asumsi kurs Rp 14.000/US$) dan mereka menjadi keluarga terkaya kedua di dunia saat itu. Ambani meninggal dunia pada 6 Juli 2002.

Sang putra, Mukesh Ambani, kini meneruskan lompatan bisnis Reliance yang sebetulnya fokus pada bisnis minyak dan petrokimia.

Mukesh Ambani berhasil menduduki sebagai orang terkaya di Asia hanya dalam 58 hari. Menurut Forbes World Billionaires Maret 2020, harta kekayaan Mukesh Ambani baru US$ 36,8 miliar. Namun kini harta kekayaannya naik menjadi US$ 64,1 miliar atau Rp 897 triliun. Ia kini masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia.

#MukeshAmbani #terkaya #forbes


Tidak ada komentar: