Kamis, 08 Juli 2010

JEFF OOI:Jadikan Blog sebagai Alat Propaganda Politik


Jiwa semangat blogger masih melekat pada diri Jeff Ooi,54.Meski telah menjadi politisi ulung dan berhasil menjadi anggota parlemen,Ooi mengaku akan terus memanfaatkan blogdan internet untuk meraih sukses karier politik.

DIA telah membuktikan bahwa blog dan internet juga telah menjadi alat propaganda politik yang paling efektif. Ooi yang memiliki nama asli Ooi Chuan Aun bergabung dengan Partai Aksi Demokratik (DAP), salah satu partai oposisi yang menjadi anggota koalisi Pakatan Rakyat yang dipimpin Anwar Ibrahim,juga menggunakan situs jejaring sosial untuk meraih popularitas.

Karena kemampuannya mengelola media internet, Ooi dipercaya penuh sebagai pemimpin kampanye teknologi informasi DAP. Dalam setiap pemilu sela yang digelar di Malaysia,Ooi bahkan selalu turun tangan untuk menyiapkan program yang berbau teknologi informasi.Dia membuat blog bagi para kandidat yang akan berebut kursi parlemen pada pemilu sela, juga menyusun kampanye melalui Facebookdan Twitteruntuk meraih simpati dari pemilih.

Beberapa kampanye internet untuk DAP dan Koalisi Oposisi yang dikomandani Ooi adalah pada pemilu sela di Klang Valley, Johor, Sarawak, dan pada Mei lalu. "Sebelum pemilihan umum digelar, saya fokus kepada pemilu sela untuk membantu kampanye internet melawan mesin politik Barisan Nasional,"ujar Ooi kepada The Star. Dia sangat meyakini media internet merupakan alat yang paling efektif untuk mencari dukungan, terutama dari kalangan anak muda.

Menurut Ooi, para pemilih berusia muda telah peduli pada politik dan umumnya mereka telah melek teknologi informasi. "Kita menargetkan anak muda yang ingin perubahan di Malaysia,"ujarnya. Ooi bukan orang baru di dunia teknologi informasi di Malaysia. Meski terbilang politisi junior karena baru terpilih menjadi anggota parlemen pada pemilihan umum pada 2008, Ooi disebut-sebut sebagai blogger yang pertama kali beralih menjadi politisi di Malaysia.

Dia juga merupakan politisi yang pertama kali menggunakan internet dalam kampanyenya. Dia memulai mengelola blog yang berbicara isu politik, sosial, dan ekonomi sejak 2003. Hingga kemudian, dia dikenal selebritis internet di Negeri Jiran. "Saya sangat berpikir positif bahwa blog akan memainkan peranan penting dalam bidang politik pada beberapa tahun mendatang,"ujar Ooi

Tidak ada komentar: