Sabtu, 03 Juli 2010

Marathon Runners or Sprinters? (Source: Billy Milton's e-book: Building a Marathon Marriage)

Pada saat saya berkata, "Saya bersedia," Saya menyadari bahwa saya membuat sumpah pernikahan di depan suami tercinta, dan yang paling penting, kami bertukar sumpah pernikahan kami di depan Altar gereja yang berarti kita mengatakan itu di hadapan Tuhan.

Dengan mengatakan, "Saya bersedia," tidak berarti bahwa kehidupan akan seindah impian Hollywood. Tidak sesederhana itu! Perkawinan membutuhkan banyak penyesuaian, toleransi, dan yang paling penting kemauan untuk menerima setiap perubahan yang akan datang di sepanjang jalan.

Perubahan adalah tidak pasti. Tetapi seperti yang dikatakan oleh orang bijak, satu-satunya hal yang pasti dalam hidup ini adalah perubahan. Kita akan berada dalam situasi yang dinamis di mana perubahan ada di sini, di sana dan di mana-mana dalam hidup kita.

Tentu saja, saya bukan ahli perkawinan. Saya masih jauh dari itu! Tapi, dengan pengalaman kecil dalam perkawinan, saya mencoba untuk melihat lebih banyak dari sudut pandang orang lain. Dan buku Billy Milton setidaknya memberi saya contoh yang sangat baik tentang bagaimana menghadapi pernikahan dengan sikap yang berbeda - yang pasti lebih baik!

Mengapa begitu banyak pernikahan gagal? Cukup sederhana, pasangan memulai kehidupan pernikahan mereka dengan mentalitas pelari cepat dan ketika realitas komitmen memukul mereka, mereka kalah. Mereka tidak berpikir maraton - mereka berlari cepat. Mereka berpikir tentang glamour dan kemuliaan, ketika mereka perlu untuk berpikir tentang keberanian.

Dan yang paling penting, Billy juga memberikan rahasia untuk perkawinan maraton : Banyak pasangan keliru percaya bahwa jika kau mencintai seseorang, perkawinan akan mudah. Setiap pasangan yang mencapai usia pernikahan yang panjang telah mengakui bahwa ada saat-saat rasa sakit ketika mereka ingin menyerah, ketika mereka bahkan berpikir tidak saling mencintai lagi. Tapi mereka tidak berhenti. Mengapa? Karena mereka telah mengembangkan "mentalitas maraton" - di mana nyeri tidak mengalihkan pelari maraton yang sejati dari tujuannya.

Jangan menjadi seorang pelari cepat, sebaliknya kembangkan mentalitas maraton untuk pertandingan besar. Berikut adalah beberapa rahasia pernikahan maraton yang ditemukan:

1. Rasa sakit/luka tidak selalu merupakan hal yang buruk.

2. Rasa sakit yang salah tempat dapat menyebabkan kesulitan

3. Rasa sakit bukanlah sinyal bahwa perkawinan Anda sudah selesai.

4. Rasa sakit jangan menjadi fokus dalam pertandingan anda.

Tampak bahwa apa yang ditekankan Billy di sepanjang bukunya adalah tentang menyadari bahwa rasa sakit akan ada dalam perkawinan (dan tentu saja di semua bagian dari kehidupan kita, menikah atau lajang, rasa sakit tidak dapat dihindari). Tapi rasa sakit bukanlah sinyal bahwa perkawinan sudah selesai. Dan rasa sakit jangan menjadi fokus kita dalam pertandingan. Jika kita berfokus pada hal itu, pasti kita akan berada dalam kesulitan.

Dan akhirnya, saya menyadari bahwa hampir tidak mungkin untuk memiliki perkawinan yang sehat tanpa melibatkan Allah, Tuhan kita sebagai pusat dari pernikahan itu sendiri. Mengetahui bahwa pernikahan akan penuh rasa sakit, namun kita masih perlu untuk tetap setia tak peduli betapa menyakitkan kondisi ini, kemampuan untuk memaafkan berada di daftar paling atas. Sementara meminta lebih banyak hati penuh belas kasihan kepada Tuhan, saya tahu dan menyadari lebih dan lebih setiap hari bahwa saya tidak pernah bisa melakukannya sendiri. Gantungkan pada Allah agar dapat memiliki sikap pelari maraton dalam perkawinan dan juga terhadap kehidupan ini, sehingga membuat bangga Bapa kita di Surga

Tuhan, biarkan saya menjadi pelari marathon dan bukan pelari cepat dalam pernikahan ini dan juga dalam kehidupan ini. Amin.





Tidak ada komentar: