Kamis, 24 Juni 2010

Ajak Para Pensiunan untuk Tetap Berkarya


Berpikir di luar konteks pemikiran orang pada umumnya merupakan prinsip untuk maju yang diterapkan Art Koff.Ketika umumnya perusahaan mencari pekerja berpengalaman dengan usia di bawah 40 tahun,dia justru merekrut pensiunan.

MELALUI Retired Brains.com, dia menyediakan info lowongan pekerjaan bagi para pensiunan yang notabene telah berusia lanjut serta sudah menyandang predikat nenek dan kakek dengan usia minimal 50 tahun.Pilihan untuk fokus kepada orang berusia dilakukan Koff sejak pensiun setelah 40 tahun bekerja di bidang bisnis rekrutmen lowongan pekerjaan.

Koff memiliki inspirasi mendirikan situs penyedia informasi lowongan para nenek dan kakek berawal dari keinginan bisa tetap berkarya di masa pensiun. Dalam pandangannya, tidak semua orang yang telah pensiun hanya ingin duduk di rumah dan bermain dengan cucu semata. "Saya tidak dapat berimajinasi apa yang akan terjadi jika saya tidak dapat pergi ke suatu tempat dan melakukan sesuatu di masa pensiunan,"ungkapnya.

Berawal dari inspirasi tersebut, dia merilis RetiredBrains.com ke publik pada 2003.Hingga saat ini dia hanya mempekerjakan tujuh orang. Meski demikian, situs tersebut dikunjungi ribuan orang setiap hari. Apalagi,masih jarang pesaing situs khusus yang menyediakan lowongan pekerjaan bagi para pensiunan. Kakek yang berusia 74 tahun itu berpendapat, banyak pensiunan yang membutuhkan dana lebih dan tak bisa ditutupi dari gaji pensiun.

Koff mengakui, walau sudah pensiun, pundi-pundi kekayaannya justru semakin bertambah dari pemasukan iklan-iklan.Dia menjadi jutawan justru di usia pensiunan. "Minimaldiusiapensiunansaya takmenjadi beban keluarga,"paparnya. Dia pun ingin mengajak para pensiunan agar dapat mandiri dan tidak menjadi tanggungan keluarga dengan memiliki pekerjaan yang matang. Dia juga menantang para pensiunan untuk tetap berkreasi serta berinovasi dan berani bersaing dengan anak-anak muda.

"Kebanyakan orang yang berbisnis di dunia teknologi informasi lebih muda 20 hingga 40 tahun dibandingkan saya.Tapi,menurut Koff, mereka (para pengusaha muda) tidak mampu berpikir dengan sudut pandang yang dilakukan pensiunan," ungkap Koff seperti dikutip dari Wall Street Journal. RetiredBrains.com menawarkan ribuan kesempatan pekerjaan bagi para mantan eksekutif, pensiunan, dan pegawai senior.

Berbagai bidang pekerjaan pun tersedia ditambah dengan pilihan lokasi yang beragam. Pekerjaan musiman juga lengkap tersedia. Namun, sebagian besar pensiunan yang bergabung tidak memilih bekerja menjadi pegawai tetap, tapi pekerja lepas karena bisa mengatur waktu istirahat dan keluarga dengan lebih mudah Pensiunan yang membutuhkan jasa RetiredBrains.com bukan hanya orang biasa

Para mantan eksekutif perusahaan-perusahaan besar yang telah kehilangan pekerjaan juga banyak yang bergabung. Kepada mereka, Koff berpesan agar tidak berbohong.Dengan alasan senioritas kadang orang tua berbohong dengan mengatakan berbagai pengalaman yang kadang tak dimilikinya dalam biodata lamaran pekerjaan. "Bohong tetap saja salah," ujar Koff.

"Dan jika Anda terpilih, kemudian perusahaan tahu kalau Anda berbohong, pemberi kerja tak akan lagi percaya. Besar kemungkinan Anda bakal segera dipecat,"imbuhnya. Keberhasilan yang dinikmati Koff saat ini tentu merupakan buah kerja kerasnya.Pada awal mendirikan RetiredBrains.com di Chicago, Amerika Serikat, dia kesulitan untuk mendapatkan pinjaman bank sebab bank jarang sekali memberikan kredit bagi para manula.Terpaksa dia lebih banyak mengandalkan tabungannya sendiri.

"Bank memiliki aturan tidak memperbolehkan pinjaman kepada orang yang berusia 70 tahun ke atas. Mereka berpikir mereka itu terlalu berisiko,"ujarnya.Namun,dia lebih banyak mengandalkan tabungannya sendiri untuk berinvestasi. Koff mengajak para pensiunan bisa berbuat hal yang sama,berani berinvestasi dengan modal tabungan pensiunan.

"Awali bisnis Anda dengan sesuatu yang menantang. Rencana kesuksesan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjamin keuntungan yang Anda bakal dapatkan," papar Koff kepada para manula setiap kali seminar bisnis. Tidak lupa, tambah dia, lakukan penelitian dan kajian mendalam sebelum berbisnis Dia juga menyarankan orang yang telah berusia lanjut untuk memilih bisnis yang aman seperti waralaba atau penjualan langsung produk-produk yang telah memiliki nama.

Tidak ada komentar: