Kamis, 06 November 2008

Kreatif


Ketika biaya listrik naik, hampir semua petani mengeluh karena tidak bisa mengelola lahannya. Akibatnya, pupuk kandang dari kotoran sapi merekapun menumpuk. Tetapi Waybright bersaudara bersama sauda iparnya, petani di Mason Dixon, Gettyburg Pensilvania, memilih berhenti mengeluh dan mulai berpikir untuk menghasailkan listrik sendiri. Mereka membangun alat pembangkit tenaga listrik dengan menggunakan gas metana dari pembakaran pupuk kotoran sapi, yang berasal dari 2000 ekor ternak mereka. Dengan generator tersebut mereka berhasil mengurangi rekening listrik tahunan mereka dari $30.000 menjadi $15.000!

Seorang anak yang penuh ide kreatif berusaha menjajakan ide-idenya pada orang-orang yang berkantor di gedung mewah. Tetapi semua menolaknya. Akhirnya, ia memutuskan untuk mengurung diri di garasi rumahnya. Bukan untuk merenungi nasib dan mengasihani diri sendiri tetapi ia sedang berusaha mewujudkan ide cemerlangnya. Dan akhirnya, berawal dari garasi yang sederhana kemudian berdirilah persusahaan computer raksasa Apple Computers yang sangat terkenal di dunia.

Bila kita perhatikan di sekeliling kita, banyak barang-barang yang dianggap orang tidak berguna justru di tangan seorang yang berotak encer dan kreatif dapat menjadi sebuah maha karya yang mempunyai daya jual tinggi. Sebut saja enceng gondok, kertas koran, kulit telur, kardus bekas, bahkan kotoran hewanpun dapat disulap menjadi produk yang cantik dan bermanfaat bagi kehidupan kita.

Terkadang memang sulit untuk menjadi pionir yang kreatif. Tetapi kita dapat memulainya dari hal yang sederhana. Bila kita membiasakan diri untuk berpikir lain dari yang biasanya, maka lama-kelamaan otak dan pikiran kitapun dengan sendirinya akan memunculkan ide-ide brilian.


YANG MEMBUAT ANDA BERHASIL BUKANLAH PIKIRAN,
TETAPI BAGAIMANA ANDA MENGGUNAKAN PIKIRAN TERSEBUT DENGAN KREATIF

Tidak ada komentar: