Selasa, 18 November 2008

Organisasi yang BERHASIL

Bagaimana kiat supaya sebuah organisasi bisa berhasil?
Ada 3 hal yang penting :
1. Bertahan pada masa sulit
Dalam masa sulit, kita perlu bersikap positip. Kita tidak perlu menyalahkan keadaan, dengan alasan organisasi kita memang tidak mempunyai modal. Dsb. Dalam menghadapi masa sulit yang terpenting adalah sikap kita.
2. Gigih,gigih,gigih
Orang yang berhasil umumnya adalah orang yang gigih, pantang menyerah. David Brinkley berkata, “Orang yang sukses adalah orang yang bisa membangun landasan yang kuat dengan batu bata yang dilemparkan orang lain kepadanya.”
3. Titik kritis ke atas
Dalam menjalani masa-masa suatu organisasi pasti ada pasang surutnya. Kita pasti menghadapi kritik, namun kritik itu dapat menjadi landasan bagi kita untuk keberhasilan kita.

Titik penting yang saya maksug sebagai TITIK KRITIS KE ATAS. Artinya kalau titik itu dapat diatasi, maka organisasi akan bergerak maju. Titik kritis ini akan selalu berulang-ulang terjadi pada suatu periode tertentu. Titik ini harus dijaga agar tidak turun ke bawah.
Titik kritis ke atat ini merupakan suatu proses pembaharuan yang selalu mengajukan pertanyaan secara berkesinambungan, “ Bagaimana kita dapat melakukan pekerjaan secara lebih efektif?” Hali ini dapat dicapai kalau ada keterbukaan dan kesempatan, dan kita tidak diliputi persoalan dan kekuatiran.

Kita perlu MENCIPTAKAN masa depan, dan bukan menunggunya datang.

Tidak ada komentar: