Kamis, 06 November 2008

Mulai dari yang KECIL

Seorang pemuda mengunjungi seorang kakek yang bijak di kampungnya untuk meminta nasehat. “Kek, bagaimana cara untuk mencapai kesuksesan?” tanya pemuda itu. Si kakek tidak menjawab tetapi malah menyilakan pemuda itu untuk duduk. Ia mengambil semangka dan memotongnya menjadi 3 dengan ukuran berbeda: besar , sedang dan kecil. “Jika masing-masing potongan semangka ini mewakili kesuksesan yang ingin kamu raih, mana dulu yang akan kamu ambil?” tanya si kakek. “Yang besar duluan kek,” jawab si pemuda. Kakek bijak itu memintanya untuk menghabiskannya sementara ia mengambil potongan yang terkecil.

Hanya dengan beberapa gigitan, kakek itu telah menghabiskan potongan semangka itu. Lalu ia mengambil potongan semangka yang berukuran sedang sambil memperhatikan si pemuda yang tampak kesulitan menghabiskan semangkanya. Kemudian kakek itu berkata, “Nak, dengan memakan yang kecil lebih dulu, saya bisa mengambil potongan yang sedang. Jumlah keseluruhan yang dapat saya makan lebih besar daripada yang kamu makan. Selain itu, lebih mudah bagi saya untuk menghabiskannya. Kamu mengerti maksud kakek?” Pemuda itu berkata sambil menganggukkan kepalanya, “ Ya...ya..sekarang saya mengerti.”

Mulailah sesuatu yang besar dari yang kecil. Mulailah sesuatu yang sulit dari yang paling mudah. Prinsip dasar inilah yang harus selalu kita ingat. Tidak ada salahnya jika seseorang punya impian dan cita-cita yang besar, misalnya ingin sukses seperti Bill Gates atau Donald Trump. Namun yang terpenting adalah memulai dengan kemampuan yang ada. Jangan terlalu memaksa dan terburu-buru. Segala sesuatu butuh proses. Setelah langkah awal berhasil, barulah secara konsisten dan setahap demi setahap, Anda dapat mengembangkan kesuksesan Anda menjadi lebih besar.

PERJALANAN 1000 MIL DIMULAI DARI LANGKAH PERTAMA

Tidak ada komentar: